Kamis, 14 Mei 2015

Tes Seleksi Calon Mahasiswa Program Magister (S2) Pasca Sarjana UPI Tahun Akademik 2015/2016

Akhirnya tanggal 13 Mei 2015 sudah terlewatkan. plong sih tapi masih dagdigdug nungguin hasilnya. Apapun hasilnya Insya Allah itu adalah yang terbaik buat saya. Insya Allah ikhlas apa pun hasilnya. Sekarang saya mau sedikit sharing soal tes seleksi S2 UPI kemarin yang baru saja dilakukan. Mumpung masih anget2 di pikiran. hehehe, :p

Untuk tempat tes seleksi S2 hari Rabu, 13 Mei 2015, di Gedung Sekolah Pasca Sarjana UPI ruang 03.059 lantai 3 dan masuknya jam 07:00 WIB. Berhubung lokasi tempat tinggal saya lumayan jauh sekitar 2 jam setengah kalau pake kendaraan umum, gak mungkin kan dari rumah jam 4 subuh. hehehe:P  akhirnya hari selasa saya ikut nginep di kosan temen di bandung,  jadi hari rabu saya bisa berangkat jam 06:00 WIB. Tiba di kampus UPI jam 06:30 dan langsung ke gedung pascasarjana. Ternyata saya duduk di belakang di  urutan ke 3 (lucky number) suka sama angka 3 :)
kartu peserta seleksi S2

posisi duduk

daftar peserta di ruangan 03.059
suasana ruangan 03.059 sebelum tes dimulai
TIPS: 

  1. Datang lebih awal karena kalau telat tidak ada tambahan waktu  
  2. Bawa alat tulis (pensil 2B + penghapus+serutan+ pulpen)
  3. gak usah bawa papan dada karena mejanya juga bagus,hehehe
  4. Sarapan terlebih dahulu
  5. Bawa cemilan untuk break (istirahat) karena waktu istirihat gak cukup untuk beli makanan. dan kalau telat nanti tak ada tambahan waktu.
  6. Dengarkan setiap instruksi dari pengawas
  7. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Untuk rincian jadwal bisa diliat gambar ini.

Tepat jam 07:00 semua peserta masuk ruangan dan diberi soal+LJK (lembar jawaban komputer) dan petunjuk pengisian lembar jawaban serta kertas kosong untuk menghitung. Jam 07:00-07:30 itu pengisian biodata dan tidak diperkenankan untuk membuka soal sebelum jam 07:30. 

petunjuk pengisian lembar jawaban 1

petunjuk pengisian lembar jawaban 2
TIPS: 

  1. Ikuti setiap petunjuk pengisian lembar jawaban yang ada
  2. Kalau tidak mengerti jangan sungkan untuk bertanya kepada pengawas. Pengawasnya baik kok <:)
  3. LJK jangan sampai kotor atau pun terlipat
  4. Untuk pengisian di form C9 diharuskan memakai pulpen jadi harus bawa pulpen.
  5. Setelah selesai mengisi biodata sebelum jam 07:30 tidak diperkenankan membuka soal. jadi lebih baik gunakan waktu untuk memeriksa kembali biodata yang diisikan ditakutkan ada kesalahan. ingat! harus teliti.
  6. ingat jangan telat kalau telat tidak ada tambahan waktu

Tes sesi pertama adalah adalah bahasa inggris jam 07:30-09:30, berarti waktu pengerjaan hanya 90 menit dengan jumlah soal 60. Untuk tes bahasa inggris kebanyakan soal tentang reading. Jadi, manfaatkan waktu sebaik mungkin. Seharusnya sih bisa diisi karena untuk soal readingnya tidak begitu rumit. hanya saja untuk kasus saya, saya terlalu lama di satu soal sehingga di menit-menit terakhir kisaran 10 soal terakhir jawabannya ngasal karena waktunya habis. Jadi, gak sempet baca soal. hadeuuuhhhhh.:( 
TIPS:

  1. Isi soal yang dianggap mudah
  2. Jangan terpaku pada soal yang susah
  3. Semua soal tentang reading jadi banyak-banyak berlatih.
  4. Info: tidak diperkenankan mencorat-coret soal, itu ada di petunjuk pengisian lembar jawaban poin 13.
  5. Jika waktu habis tetap isi lembar jawabannya jangan ada yang kosong karena tidak ada sistem minus. Semoga aja hasil tembakannya betul, :)
Jam 09:00-09:30 waktunya istirahat, tapi kata pengawasnya untuk mengefektifkan waktu, istirahatnya hanya sampai jam 09:15. Jadi waktu istirahatnya hanya 15 menit. Makanya ingat bawa makanan dan minuman dari rumah karena gak ada waktu untuk beli makanan. Waktu istirahat hanya cukup untuk pergi ke toilet itu juga ngantri banget karena banyak banget yang ke toilet hehehe :)

Jam 09:15-09:30 masuk ruangan kembali dan pengisian biodata untuk tes TPA (tes potensi akademik). Ingat harus datang tepat waktu karena jika kalian datang telat tidak ada waktu tambahan. Tes sesi ke dua adalah tes potensi akademik (TPA) waktunya dari jam 09:30-12:00 dengan soal 120. Seharusnya sih waktu pengerjaan TPA itu 120 menit tapi kalau dari jam 09:30-12:00 berarti 150 menit. Entahlah rasanya pada saat mengerjakan waktunya 120 menit, maklum saya gak pakai jam tangan dan dilarang menggunakan handphone pada saat mengerjakan soal jadi tidak tahu pasti jam berapanya. Saya hanya mengikuti instruksi pengawas karena tiap soal ada waktu pengerjaannya dan tidak diperkenankan ke soal selanjutnya atau sebelumnya  jika waktu masih tersisa.Untuk soal TPA jumlah nya 120 soal dengan rincian:
  1. Tes Kemampuan Verbal, 30 menit (sinonim, antonim)
  2. Tes Kemampuan Akademik, 30 menit (penalaran logis dan analisis)
  3. Tes Kemampuan Saintifik, 30 menit (kemampan kuantitatif (menghitung))
  4. Tes Kemampuan Abstrak, 30 menit (pola gambar)
TIPS:
  1. Gunakan jam tangan agar bisa mengetahui berapa lama lagi proses pengerjaan soal.
  2. Maksimalkan waktu yang ada
  3. banyak-banyak latihan 
  4. konsentrasi penuh :)
  5. ingat! soal tidak diperkenankan untuk dicorat-coret. untuk menghitung disediakan kertas kosong oleh pengawas.
Dalam pengerjaan soal TPA dibutuhkan konsentrasi penuh karena pengerjaan soal terus-terusan tanpa henti jadi benar-benar butuh konsentrasi full, makanya harus makan dulu sebelumnya biar tidak pusing, :) terkadang faktor pengawas pun mempengaruhi, kebetulan untuk pengawas di ruangan saya ini sering lupa memberi instruksi untuk mengerjakan soal berikutnya, sehungga ke kitanya jadi membuang waktu untuk menunggu. Padahal waktunya harus sudah mengerjakan soal selanjutnya. Untungnya ada calon peserta yang memberi tahu jadi tidak terlalu lama. Jadi, tips lagi dari saya jangan sungkan jika pengawas lupa memberi instruksi , kita ingatkan dengan bertanya pada pengawas apa sudah bisa mulai untuk  soal selanjutnya. 
tes potensi akademik

Itu lah pengalaman saya mengikuti tes seleksi calon mahasiswa S2. Untuk tanggal pengumumanya adalah tanggal 17 Juni 2015. Mudah-mudahan bisa lulus. Amin. :)
Apapun hasilnya Insya Allah itu adalah yang terbaik buat saya. Insya Allah ikhlas apa pun hasilnya. 

117 komentar:

  1. Materi tes terdiri atas: Tes Potensi Akademik (120 menit), serta Tes Bahasa Inggris (90 menit).
    Materi khusus sesuai dengan bidang keilmuan program studi yang bersangkutan (bagi prodi yang menpersyaratkan).

    nah prodi yang menpersyaratkan materi khusus apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, kurang tau tah mbak.berdasarkan pengalaman saya, tes nya hanya TPA sama bahasa inggris. kemudian untuk yang ngambil jurusan bahasa inggris, jepang, arab, dan prancis ada tes wawancara. terus teman saya yang ngambil jurusan seni juga wawancara. :)

      Hapus
  2. mhon maaf mbak... kalau soalnya masih ada, boleh dipinjam, untuk gambaran..
    mkasih bnyak sblumnya, mudh2n jadi amal kbaikan... aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo soal gak dibawa pulang, dkumpulkan lagi. malah pada saat pengerjaan pun tidak boleh dicoret-coret. :)

      Hapus
  3. Makasih, Mbak.. Informasi yang sangat membantu.. Semoga mbak dan semua peserta ujian nya lulus semua.. hehehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.
      amin ^_^
      semoga hasilnya memuaskan.:)

      Hapus
  4. Assalamualaikm mba..
    sebelumnya mkasih banyak postingannya,
    Boleh nanya gak? kalo kita mau ambil magister jurusan bahasa Inggris tes TPA nya berbeda kah atau sama mba?
    dan untuk ujian Bahasa Inggrisnya sama juga mba?
    mksh banyak mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam. maaf baru dbls. sepengetahuan saya untuk tes S2 di UPI soal TPA dan bahasa inggris sama untuk semua jurusan. bedanya untuk jurusan bahasa inggris ada tes wawancaranya. pas saya nanya ke temen yang ngambil jurusan bahasa inggris bagaimana wawancaranya katanya ditanya tentang rencana penelitian s2 dan wawancaranya pakai bahasa inggris.

      Hapus
  5. Balasan
    1. sama-sama,:) semoga membantu yah,:) mau ngambil s2 di upi juga???^_^

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. ass. salam kenal mba lela, saya neli dari bandung mau tanya kalau tes toefl itu harus lulus pas mau masuk s2? terus mba kalau tpa itu didalamnya ada materi biologi dan pedagogiknya ga mba? saya pengen banget masuk s2 biologi upi. kalau boleh tau yang harus dipelajari apa aja yah mba? maaf kebanyakan nanya...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam. maaf yah mba baru dbalas.
      untuk tes s2 di upi hanya tes TPA dan tes bahasa inggris. jika tes bahasa inggrisnya bagus, biasanya tidak diharuskan tes TOEFL, tapi kalo tes bahasa inggrisnya kurang bagus harus ikut tes TOEFL lagi. contohnya aja pas saya mengikuti tes seleksi s2, saya dinyatakan lulus s2, namun ada pemberitahuan bagi mahasiswa yang diharuskan lagi tes TOEFL, dan saya salah satunya, tidak ada daftar nilainya sih, tapi katanya yang harus tes TOEFL itu yang nilai tes bahasa inggrisnya kurang bagus, hehehe,:)# maklum mba pas tes bahasa inggris ada 10 nomor yang saya nembak dan isi nya saya jawab A semua, karena waktu mengisi tidak cukup, hehehe,:) jadi tes TOEFL mah bisa dilakukan setelah lulus tes s2. untuk materi tes TPA tidak ada soal tentang biologi ataupun pedagogik mba, tes TPA itu yang seingat saya cuma Tes Kemampuan Verbal(sinonim, antonim), Tes Kemampuan Akademik, (penalaran logis dan analisis, Tes Kemampuan Saintifik,(kemampan kuantitatif (menghitung))
      Tes Kemampuan Abstrak,(pola gambar).soalnya TPA cukup mudah kok mba, mirip-mirip soal TPA SBMPTN, tapi masih mudah soal TPA upi deh kaya'a. soalnya saya juga latihannya pake buku soal-soal SBMPTN mba, terus di soal TPA upi itu lebih banyaknya materi bahasa indonesianya. tentang peribahasa ada, ungkapan-ungkapan ada, sama baca grafik dari soal cerita gitu mba, :)
      semoga penjelasannya cukup jelas dan bisa dimengerti yah mba, :)

      Hapus
  8. Mbk, klo soal mtk nya seputar apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk soal mtk pada TPA seingat saya hanya baris dan deret, saya juga lupa-lupa ingat,:)

      Hapus
  9. Maaf mba mau tanya .. untuk tes TPA soalnya menggunakan bahasa inggris atau bahasa indonesia? Terimakasih

    BalasHapus
  10. Hai mba.
    Mau nanya nih, apakah semua prodi S2 UPI ada wawancaranya? Dan mengenai toefl, apakah pada saat mendftr harus ada sertifikat toeflnya? Terimakasih.
    Sy rencana tahun ini ingin mengambil S2 UPI prodi bimbingan dan konseling. Lalu apakah ada juga ujian khusus utk program studi yg kita ambil?

    BalasHapus
  11. untuk tahun yang lalu mah hanya beberapa jurusan saja yang ada tes wawancara yaitu jurusan bahasa, seni.

    untuk jurusan bimbingan dan konseling sepengetahuan saya tidak ada tes wawancara hanya tes TPA dan tes bahasa inggris.
    pada saat mendaftar kalau tidak salah tidak ada syarat TOEFL pas angkatan saya mah. jadi tes TOEFL bisa setelah kita keterima lolos tes dari upi.
    tes S2 upi hanya tes TPA sama tes bahasa inggris saja. semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  12. Terimakasih mba.
    Dan pendaftaran S2 upi tahun ini mba ada tau kapan penerimaan?
    Lalu spp S2 berapa mba, Kmren saya smpat liat itu 8.522.000.

    BalasHapus
  13. iya sama-sama mbak.
    untuk pendaftaran mahasiswa baru s2 tahun ini saya kurang tahu kapan pendaftarannya tapi untuk tahun lalu mah sekitar bulan maret-april itu udah mulai pendaftaran dan mei mulai tesnya.
    untuk info lebih lengkap mungkin bisa di lihat di website sps upi nya langsung mbak. di http://sps.upi.edu/
    untuk tahun lalu pembayaran iya memang sebesar Rp. 8.522.000

    BalasHapus
  14. Mba mau nanya mba ada temen prodi bimbingan konseling ngga? Mau nanya apa kah ada test utk keprodian? Lalu mnrut mba nurlaela apakah sulit utk masuk UPI? Saya dnger dri tmen2 sy katanya masuk UPI susah sekali. Maaf byk tnya mba. Hehe

    BalasHapus
  15. saya punya teman yang jurusan bimbingan konseling mbak, kebetulan teman sekosan juga. kata dia mah emang untuk soal tes s2 upi gak ada soal tentang bimbingan konseling gtu, tes nya hanya soal TPA dan bahasa inggris saja katanya. semoga bisa membantu yah mbak. ^_^

    BalasHapus
  16. Thankyou mba nurlaela.semoga tahun ini saya bisa masuk UPI jd bisa ketemu.Hehe.
    Btw, mau nanya mslh kos-kosan disana sekitar brpaan mba?

    BalasHapus
  17. iya sama-sama mbak,
    kosan di sekitar kampus upi macam-macam mbak, klo di daerah gerlong, cilimus dan sersan bajuri sekitar 5 jutaan -10 jutaan/ tahun.yang masih murah itu daerah ledeng itu masih murah. sekitar 3,5 juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Mba mau nanya lagi, adakah tes mengenai prodi yg kita pilih? Misalnya sy kan pilih BK lalu adakah tes yg khusus menanyakan seputaran BK juga. Mba nurlaela maaf ya byk tanya, terimakasih kalau msih bersedia menjawab.

      Hapus
  18. pas penerimaan angkatan 2015 untuk tes s2 di upi hanya tes TPA dan tes bahasa inggris mbak.dan yang mengambil jurusan BK pun hanya tes TPA dan bahasa inggris saja. jadi tidak ada tes tentang keprodian gtu mbak. ^_^

    BalasHapus
  19. Terima kasih mbak blog yg sangt membantu, saya mau tanya mbak untuk test bahasa inggrisnya itu ada strukter,lisening,apa cuma reading aja.mbak? Balas.y mbak

    BalasHapus
  20. untuk tes bahasa inggris dari 60 soal itu semuanya reading. misalnya satu wacana bisa untuk 5 soal (dari no 1-5). soalnya juga biasanya menentukan ide pokok, dan ada tentang sinonim/antonim dari kata yang ada dalam wacana. ada juga beberapa soal bahasa inggris yang menentukan kesimpulan dari grafik. sebenarnya soal bahasa inggrisnya mirip-mirip soal UN SMA mungkin yah. asal sering banyak latihan aja,insya Allah bisa kok ^_^ kalo waktunya keburu habis tebak aja jawabannya karena gak ada sistem minus kok, saya juga kemarin 10 soal terakhir nebak dipilih jawabannya A semua, ^_^

    BalasHapus
  21. mbak maaf baru balas juga... makasih ya jawabannya mbak. mudah2an di lain kesempatan kita bisa ketemu.

    BalasHapus
  22. iya sama-sama. ^_^ semoga tes masuk upi'a lulus yah ^_^

    BalasHapus
  23. Mba Lela jurusan apa? Insha Allah tahun ini saya mau daftar magister di UPI, tulisannya sangat membantu, makasih yah mbak tips nya, doakan biar saya lulus amiin

    BalasHapus
  24. saya jurusan pendidikan biologi mbak. iya sama-sama mbak.
    semoga lulus yah mbak, ^_^
    mau ngambil jurusan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau ambil jurusan pendidikan fisika insha Allah.
      Amiinnn terima kasih :)

      Hapus
  25. Mba Nurlaela sy mau nanya lagi,kmren pas masuk langsung bayar brp?

    BalasHapus
  26. untuk angkatan saya pas awal masuk itu saya bayar sekitar Rp. 8.522.000

    BalasHapus
  27. Gak ada yg lain lain lg mba? Mba Nurlaela terimakasih byk msih mau jawab jawab pertanyaan saya ditengah kesibukan mba Nurlaela. :))

    BalasHapus
  28. mbak mau tanya untuk TPAx sulit apa tidak? dan meliputi apa saja pencerahanya y mbak

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Mba, biasanya bulan berapa ya pendaftaran baru. saya search tapi belum ada info di internet. Mba ada tau kapan pendaftaran mahasiswa pasca sarjana lagi? krn saya di sumatera utara, jd tidak ada teman yg bisa ditanya disana. tolong infonya yah mba. makasih

    BalasHapus
  31. @phina : sama-sama mbak, ^_^ memang untuk uang spp sebesar 8.522.000 dan sampai sekarang tidak ada bayar-bayar yang lain lagi. praktikum apapun tidak bayar lagi. itu udah bayaran satu semester.

    @desy: untuk soal TPA mirip soal SBMPTN TPA atau soal tes psikotest gtu. soalnya lumayan mbak. ada yang gampang ada yang susah, intinya lebih banyak latihan aja sih mbak. untuk tes TPA : Tes Kemampuan Verbal, 30 menit (sinonim, antonim)
    Tes Kemampuan Akademik, 30 menit (penalaran logis dan analisis)
    Tes Kemampuan Saintifik, 30 menit (kemampan kuantitatif (menghitung))
    Tes Kemampuan Abstrak, 30 menit (pola gambar).

    @ety siregar: saya juga kurang tahu untuk pendaftaran s2 tahun ini dibukanya kapan. karena sampai sekarang pun masih belum ada pembukaan untuk pendaftaran s2 upi mbak. waktu angkatan saya sekitar bulan maret-april itu mulai pendaftarannya. dan dibulan mei mulai tes nya. biar tidak ketinggalan info langsung lihat website upi nya saja mbak di sps.upi.edu. ^_^ semoga bisa membantu yah mbak.

    BalasHapus
  32. Mba kan persyaratannya ada yang minta surat rekomendasi dari dosen,mba buat sendiri format surat rekomendasinya atau sudah ada formatnya dari UPI?

    BalasHapus
  33. klo pas angkatan saya kebetulan tidak ada surat rekomendasi dosen, tapi saya minta surat rekomendasi dosen kok buat jaga-jaga aja, takutnya nnti di minta sama pihak kampus.
    klo dulu ada formatnya dari upi. jadi kita hanya mengisi nama dosen saja dan tanda tangannya. ^_^

    BalasHapus
  34. teh maaf, punya latihan-latihan tes bahasa inggris masuk s2 ga+pembahasannya?

    BalasHapus
  35. saya gak punya soal-soal bahasa inggris masuk s2, saya juga latihannya dari soal-soal UN dan SBMPTN.
    untuk soal bahasa inggris s2 hanya wacana dan umumnya menanyakan ide pokok kalau gak simpulan, trus cari kata dalam wacana trus cari sinonim atau antonimnya apa.

    BalasHapus
  36. Teh, maaf mau tanya.hehe. Mau tanya ini :
    1)Kalo untuk surat rekomendasi akademik itu ada formatnya dri upi atau kita buat sendiri teh?
    2)Di poin pelaksanaan tes seleksi, ada poin yg isinya "Materi khusus sesuai dengan bidang keilmuan program studi yang bersangkutan (bagi prodi yang mempersyaratkan)." Teteh tau prodi yg mempersyaratkan itu prodi apa aja teh?:D
    Makasih ya teh sebelumnya, blognya sangat bermanfaat sekali.

    **Buat temen2 yg berencana daftar pascasarjana upi tahun ajaran 2016/2017, sudah ada informasinya di link ini : http://sps.upi.edu/penerimaan-mahasiswa-baru-pascasarjana-2016-2017/

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum Kak..
    Saya Dyah, tahun ini rencananya mau daftar S2 ke UPI jurusan pendidikan Biologi juga,, ^_^
    Saya mau tanya, setelah seleksi, apakah ada berkas - berkas yang harus disusun di Bandung? Kira - kira berapa lama setelah hari seleksi kita di Bandung? soalnya saya berasal dari Medan. Saya rencana membeli tiket pp saja. Berangkat sehari sebelum tes, lalu pulang sehari setelahnya. Dan dimana penginapan atau kos yang menyewakan kamar perhari, Kak? Yang dekat UPI. terima kasih kak..

    BalasHapus
  38. saya lulusan s1 PGSD dan mau daftar di UPI s2 Ilmu Pendidikan Guru, kira-kira menurut teteh linier gak ya? soalnya kalau s2 pendidikan dasar banyak saingannya ketika tes seleksi

    BalasHapus
  39. @z: maaf baru dblas. baru buka blog lagi.
    1. untuk surat rekomendasi pas angkatan saya sudah ada format dari pihak upi.
    2. materi khusus sesuai bidang keilmuan program studi yang bersangkutan itu pas angkatan saya lebih ke jurusan bahasa (inggris, jermanm jepan) untuk jurusan saya pendidikan biologi tidak ada tes khusus. hanyates bahasa inggris dan tes TPA.

    BalasHapus
  40. @rahmadyah: oohhh mau ngambil jurusan pendidikan biologi mbak? wahh nnti kita se gedung kuliah mbak. amin.
    pas angkatan saya mah setelah tes seleksi tidak ada berkas yang harus dikumpulkan. karena berkas2 sudah dikumpulkan pada saat pendaftaran.
    kalo angkatan saya proses pendaftaran tes seleksi tidak seperti skrg, kalau dulu saya download formulir pendaftaran dan format rekomendasi dosen dari situs sps.upi.edu.
    setelah itu bayar pendaftaran sebesar 750.000 dan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat2 pendaftaran setelah itu saya ke upi mengumpulkan berkas persyaratan s2. jadi pada saat tes seleksi mah tidak ada berkas yang mesti dikumpulkan lagi.

    BalasHapus
  41. teh maaf mau tanya, di sana kan ada PILIHAN 1 dan PILIHAN 2 ketika mengisi formulir, apa maksudnya ya?

    BalasHapus
  42. hallo mba... biaya kuliah di pascasarjana upi brapa ya? uang pangkal masuk sama uang persemesternya? karena saya berminat ingin masuk pend.seni musik upi.. mohon infonya :) taradwipa94@gmail.c
    om

    BalasHapus
  43. @cepy kurniawan: saya kurang tau apakah ilmu pendidikan guru itu selinier gak sama pgsd, maaf yah.
    @sdn cikadu: pilihan 1 dan pilihan 2 adalah nama jurusan yang mau diambil. misalnya saya dulu memilih pilihan 1: pendidikan biologi dan pilihan 2: pendidikan IPA.
    @star tara: biaya pasca di upi sebesar 8.522.000. itu selama 1 semester. tiap semesternya bayar segitu juga. gak ada uang pangkal deh klo gak salah. soalnya pas saya keterima s2 semester 1 saya bayar 8.522.000 trus smester 2 juga sama bayarnya 8.522.000. semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  44. salam kenal teh, saya annisa dari pend. mtk uin sgd bandung..teh, klo taun kemarin pendaftarannya online pake no pendaftaran sma no pin dari bank bukan?
    oia, kalo misalnya udh log in trus mau log out gmn? soalnya ada data-data yang belum tau diisi apa, jadi harus nanya dulu ke prodi...
    nanti bisa log in lagi gak teh??
    takut gak bisa log in, tolong jawab ya tehh

    BalasHapus
  45. @annisa: wahhh saya juga alumni uin sgd bandung,:)
    klo tahun kemarin mah gak seperti skrg. klo dulu bayar dulu trus pendaftaran langsung ke upinya.gak beli pin kaya gtu. jadi saya juga kurang tau. maaf yah. mungkin bisa menghubungi pihak pascanya, biasanya suka ada nomor kontaknya kan,.

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum wr.wb. terimakasih mba Nurlela blognya sangat membantu. Saya baru sekarang ada niatan untuk memdaftar S2 di UPI :) Mba boleh minta alamat emailnya ndak? Agar sharingnya lebih enak saya minta alamat emailnya mba yaa :)

    BalasHapus
  47. Wa'alaikum salam mbak @novalia. boleh mbak, ini alamat email saya nurlaela_pujianti@yahoo.co.id
    salam kenal mbak, ^_^

    BalasHapus
  48. assalamualaikum mbak..sy rncana mw ngambil s2 upi pend.sosiologi tahun ini..sya bersal dr unp padang..seberapa besar duluxa persentase kelulusan s2 upi mbak dr brpa byk org yg dftar mbk?

    BalasHapus
  49. Maaf mbak boleh nanya
    Bagai mana tes wawancara b.imggrisnya mbak
    Apa setiap jur dilakukan tes wawncara mbak
    N tes tofel nya gmna mbak..pa pas ujian masuk nya diadakan tes toffel ya mbak?

    BalasHapus
  50. Maaf mbak boleh nanya
    Bagai mana tes wawancara b.imggrisnya mbak
    Apa setiap jur dilakukan tes wawncara mbak
    N tes tofel nya gmna mbak..pa pas ujian masuk nya diadakan tes toffel ya mbak?

    BalasHapus
  51. maaf baru dbalas. mbak @rani untuk berapa jumlah pendaftar saya kurang tau berapa jumlah tepatnya mah, padahal pada saat praperkuliahan disebut berapa orang yang mendaftar tuh. pokoknya pas angkatan saya yang daftar tuh ribuan tapi yang diterima klo untuk jurusan biologi hanya 50 orang saja.
    @nova yunia: tes wawancara bahasa inggris mah lebih ke jurusan bahasa mbak, klo saya pas daftar dulu gak tes wawancara bahasa inggri karena saya jurusan pendidikan biologi. yang ada hanya.tes soal bahasa inggris mbak jumlahnya kalo gak salah 60 soal.

    BalasHapus
  52. Jadi toffel nya gimana mbak
    Klo misalkan gk lulus tes bhsa inggrisnya
    Kn tdi mbak bilang ada tes toffelnya bagi yg nilai bhsa inggris nya gk bagus..jdi klo tes toffelnya gk bgus juga..gimana tuh mbak?trima ksh

    BalasHapus
  53. Jadi toffel nya gimana mbak
    Klo misalkan gk lulus tes bhsa inggrisnya
    Kn tdi mbak bilang ada tes toffelnya bagi yg nilai bhsa inggris nya gk bagus..jdi klo tes toffelnya gk bgus juga..gimana tuh mbak?trima ksh

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum..mbak ini saya putri dari medan,saya uda daftar S2 untuk tahun ini, mbak boleh minta no contact nya,saya bnyak pertanyaan mbak.mhon bantuan nya mbak, mksih ya mbak sebelum nya.

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum..mbak ini saya putri dari medan,saya uda daftar S2 untuk tahun ini, mbak boleh minta no contact nya,saya bnyak pertanyaan mbak.mhon bantuan nya mbak, mksih ya mbak sebelum nya.

    BalasHapus
  56. Assalammualaikum mbak. Saya Insya Allah mau ngambil s2 upi tahun ini. Tahun kemaren saya baca ada persyaratan surat rekomendasi dari dosen tapi kok ga ada ya persyaratan surat rekomendasi dari dosennya di form pendaftaran tahun ini?

    BalasHapus
  57. wa'alaikum salam. kalo tidak ada persyaratan surat rekomndasi dosen berarti gak apa-apa gak pake surat rekomendasi. soalnya tahun kemarin juga saya gak pake surat rekomendasi dosen, dan gak apa-apa kata pihak upinya. karena di persyaratan tidak mencantumkan persyaratan surat rekomendasi dosen.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. assalamualaikum mbak lela, nama aku Leli ^_^ lagi ngurus S2 juga di UPI pendidikan seni,.. nih barusan aku udah daftar online udah print kartu tes sih, tpi trnyata ada beberapa data yang salah di biodata.. itu gmna yah mbak, apa gak masalah? atau harus konfirmasi ke pihak kampus ? :')

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum mbak, mbak aku mau tanya. aku sudah daftar dan urus semua persyaratan tes sekolah pascasarjana upi. tapi dalam kartu ujian saya, saya salah mengupload foto sehingga di kartu ujian saya tidak ada fotonya. dan ga bisa daftar ulang. itu bagaimana ya mbak? saya sudah putus asa apabila saya harus mendaftar ulang karna mahal mbak.

    BalasHapus
  61. wa'alaikum salam mbak nur dan mbak nanda. maaf baru dbls.terkait masalah mbak nur maupun mbak nanda saya juga kurang tau mbak, mungkin lebih baik langsung tanya ke pihak kampus mbak. terima kasih. maaf yah jawabannya telat dan tidak membantu, ^_^ semangat terus yah mbak untuk tes s2 nya!!!

    BalasHapus
  62. Mbak minta soal kisi-kisi TPA sama tes bahasa inggrisnya donk! soalnya tgl 19 mei ini seleksinya.

    BalasHapus
  63. terus kalau download dmna ya? mau belajar he

    BalasHapus
  64. kisi-kisi TPA dan bahasa inggris saya juga gak punya. dulu saya hanya belajar soal TPA dan bahasa inggris dari soal-soal SBMPTN banyak-banyak latihan aja, insyaallah bisa.

    BalasHapus
  65. soal soal SBMPTN kira2 download dmna mba?

    BalasHapus
  66. Mba maaf mau tanya lagi. pas pendaftaran awal kan saya tuh harusnya pilih sumber biaya di tanggung sendiri sepenuhnya. malah kepencet yang beasiswa. terus udh di validasi. terus gmna mba mau verivikasi ulangnya. mohon solusinya mba. sebelumnya maksih

    BalasHapus
  67. ada nomer aktif UPI nya ga mba?

    BalasHapus
  68. Salam kenal,Mbak Nurlaela. Mau tanya,kl jadwal perkuliahannya setiap hari apa dan umumnya dari jam berapa smp jam berapa ya? Karena saya saat ini mengajar, hanya untuk bayangan ke depannya harus seperti apa. (Kalau lulus tes seleksi). Terima kasih.

    BalasHapus
  69. Mau tanya teh, tahun 2015 ada PENETAPAN MAHASISWA YANG DIBEBASKAN DARI KEWAJIBAN MEMPEROLEH SKOR SETARA TOEFL itu maksudnya bagaimana?

    BalasHapus
  70. Pengumuman buat s2 biasa nya tgl berapa ya??
    Klau ambil s2 tapi gak linier bisa lolos gak ya mbak. Terima kasih mvak

    BalasHapus
  71. @MUHAMMAD YUNUS:untuk masalah itu saya kurang tahu, maaf yah saya telat merespon. meski saya jawab skrg pun udah lewat tesnya juga yah. bagaimana kemarin ikut tes'a? ^^

    BalasHapus
  72. @Valentina Nunik:untuk perkuliah beda-beda tiap jurusan. klo jurusan pendidikan biologi yang saya ambil misalnya. semester 1 itu jadwal kuliahnya hari kamis dan jumat di jadwal resmi yang dibuat oleh kampus upi (prodi). tapi biasanya ada pengubahan jadwal tergantung kesepakatan mahasiswa dan dosennya jg. untuk semester 2, prodi menjadwalkan perkuliahan itu senin, selasa, kamis (3 hari) tapi setelah negosiasi dengan dosen per matakuliah yang diambil dan kesepakatan semua mahasiswa jadinya bisa rabu dan kamis aja (2 hari). jadi intinya meski sudah dijadwalkan oleh prodi tpi bisa berubah mbak tergantung kesepakatan mahasiswa dan dosennya mau gak jadwalnya diganti. gtu mbak. semoga jawabannya bisa membantu.
    @Cepy Kurniawan: PENETAPAN MAHASISWA YANG DIBEBASKAN DARI KEWAJIBAN MEMPEROLEH SKOR SETARA TOEFL itu maksudnya yang nilai bahasa inggris pas tes awal masuk s2 upi nilainya bagus maka tidak usah tes toefl. kan waktu tes awal s2 ada tes bahasa inggrisnya tuh, klo nilai b. inggrisnya bagus maka gak usah tes toefl. tpi klo nilai bahasa inggrisnya kurang memuaskan maka perlu tes toefl.
    @bram inkanas: untuk tahun sekarang saya kurang tahu tgl berapanya. tapi untuk angkatan saya pas tahun 2015 biasanya nunggu sebulan setelah tes s2.

    BalasHapus
  73. Mbak, nanti pengumumannya dipublikasikan di website resmi upi ( secara online) atau harus di cek langsung ke kampus ya?

    BalasHapus
  74. Assalamu'alaikum mba
    Mba, sy novita dr medan. Kemarin udh ikut test ambil pilihan pendidikan biologi. Tapi di pilihan 1 dan 2 saya tetap pilih pendidikan biologi. Itu berpengaruh gak ya mba sm kelulusan ? Trus kapan ya mba pengumuman s2 ini. Oiya mba, saya mau nanya kira2 brpa kuota yg diambil utk pendidikan biologi tahun ini.
    Terimakasih mba lela ��

    BalasHapus
  75. @APRIL: tahun kemarin mah dipublikasikan lewat website resmi upi mbak, jadi gak usah langsung ke upinya. semoga lulus yah mbak, amin^_^
    @HAIRUNISA NOVITA: klo menurut saya pilihan 1 or 2 mah itu hanya jurusan yang mau kita ambil saja. sepertinya tidak terlalu berpengaruh. berarti yang mbak pilih kan hanya pendidikn biologi aja. kalo untuk kuota biologi tahun kemarin 50 orang mbak. sepertinya tahun ini jg sama deh 50 orang. semoga lulus ^_^ amin.

    BalasHapus
  76. tes TOEFL di upi itu bagaimana prosesnya? berapa hari? bagaimana tesnya?

    BalasHapus
  77. Asslm, selamat siang mba' Laela. Boleh minta saran nggak mba' seputar kosan yang recommended? Soalnya klw googling cuma nemu A*I kost doang.Terima kasih.

    BalasHapus
  78. assalamu'alaikum mbak..
    mbak mo nanya.. klu pengumuman kta ikut tes toefl atau tidaknya..itu dapat infonya dri mn ya mbak..??
    terima kasih

    BalasHapus
  79. Mba tolong cek email.

    BalasHapus
  80. INFORMASI yang sanagat bermanfaat.

    BalasHapus
  81. @chepy: untuk tes toefl di upi dilaksanakan di balai bahasa upi. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di website resmi balai bahasa di http://balaibahasa.upi.edu/id/
    @nurah: untuk kosan di sekitar upi harganya macam-macam. tapi klo yang murah itu disekitar daerah ledeng. klo diledeng biasanya kisaran 3juta-4 jt sepertinya. klo di gerlong dan yg lainnya biasanya 5 jt ke atas.
    @melati: wa'alaikum salam. biasanya nnti juga diumumkan di website resmi sps upi .

    BalasHapus
  82. Ass.mbak saya neli..eh mbak btw mbak dr uin sgd juga yah...sama donk sama saya saya dr uin jrsn muamalah lulus 2007 karena saya nlsertifikasinya ipa saya ngambil kul di ut jurusan biologi lulus 2016 rwncana saya mau ambil s2 biologi di upi kalo bln okt-des sekarang 2016 ada pendaftaran lagi ga mbak untuk sps biologi...ditunggu konfirmasinya yah mbak eya...☺

    BalasHapus
  83. Eh mbak maaf itu foto profilnya foto suami saya mbak...boleh minta no hpnya mbak...

    BalasHapus
  84. Mbak eya maaf...foto profil saya yg ini td akun google suami saya belum di log out...

    BalasHapus
  85. Mba, waktu tes masuk ada tes bidang studi nya nggak?

    BalasHapus
  86. Assalamualaikum mbak, maaf mau nanya kalau soal" biologi nya itu seprti apa saja? Kebanyakan materi tentang apa?terimkasih

    BalasHapus
  87. Assalamu'alaikum. mau tanya mbak untuk syarat administrasi apakah surat rekomendasi dari dosen diperlukan juga walaupun sudah bekerja?
    apa cuma perlu surat izin dari atasan? terimakasih

    BalasHapus
  88. Postingan yg sangat bermanfaat.. Terimakasih mbak

    BalasHapus
  89. Malam mbak, saya Tirma, saya alumni Universitas negeri medan, saya udah daftar buat ujian tgl 19 desember ini, doakan supaya saya lulus di pendidikan biologi upi ya mbak nurlela. Mohon bimbingan dan bantuannya mbak

    BalasHapus
  90. @mbakuk neli:maaf baru dibalas. saya kurang tau untuk penerimaan dibulan okt-desember. saya kurang update mbak. maaf yah. tapi kemarin2 denger2 mah ada sih. maaf yah mbak baru mengabari. semoga mbak dapat info dari yang lain dan bisa ikut daftar penerimaan mahasiswa upi di bulan desember.

    @mbak diyan: untuk tes nya hanya tes TPA, bahasa inggris saja. tidak ada tes bidang studi.
    @mbak tri lidyawati: kalau saya dulu tidak pake surat rekomendasi dosen hanya surat izin dari atasan tempat saya kerja aja.

    @mbak riza: sama-sama. semoga bisa membantu.

    @mbak tirma: amin. semoga lulus yah mbak. ^_^ banyak latihan dan berdoa mbak. insya allah lulus. :)

    BalasHapus
  91. dulu lihat dimana pengumuman kelulusan tes masuk upi magisterx bak? di alamat mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas angkatan saya untuk pengumuman biasanya online d website sps.upi.edu
      Biasanya pengumumannya sebulan setelah tes baru ada. :)

      Hapus
  92. mbak, mohon bantuannya. Dulu mbak lihat pengumuman kelulusan tes dimana ? Soalnya udah semua situs sps upi nya di buka tapi gak ada juga pengumumannya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. D web resmi sps upi sps.upi.edu
      Klo gak salah pengumamannyaa biasanya sebulan setelah tes.

      Hapus
  93. Mbak Risa udah ketemu belum pengumumannya mbak ? mohon bantuannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gak salah mbak untuk pengumuman mah biasa langsung di website upi . Sps.upi.edu

      Hapus
  94. Salam kenal teh, aku rena asal pontianak kalbar. Rencananya pengen daftar s2 di upi thn ini, boleh nanya gak? Syarat berkas buat diupload itu harus ad sertifikat toefl skor 475 ya? Terus buat persiapan tes mengantisipasi keterlambatan semisal kita pengen nginep deket situ ada semacam asrama gak yg bisa ditinggalin satu dua mlm? Makasih byk maaf banyak tanya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.:)
      Untuk proses pendaftaran online saya kurrang tau. Soalnya pas angkatan saya daftarnya manual pake berkas langsung kirim ke upi. Untuk asrama di upi ,ada,, tpi bayar untuk harganya. Saya. Kurang tau. Hehe
      Klo hotel di dpn upi bnyk. Klo gak salah harganya murah perharinya tergantung fasilitas nya sih.
      Klo saya dulu pas blm ngekos biasanya ikut nginep di masjid darul tauhid skalian pengajian :)
      Biasanya banyak kosan kosong yg bisa dsewa pas tes. Didaerah gerlong banyak.
      :)

      Hapus
  95. Assalamualaikum teh. Makasih postingannya bermanfaat sekali. Saya mau nanya teh. Untuk daftar manual syaratnya dan berkasnya apa aja ya teh? butuh rekomendasi dari dosen ga teh? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  96. wah menarik sekali yah pengalamannya, ini juga ada pengalaman serupa saya pada tahun 2016 kemarin


    http://magicteacher-id.blogspot.co.id/2017/02/pengalaman-mengikuti-tes-seleksi.html

    BalasHapus
  97. selamat apgi mbak.
    mbak ada kenalan jurusan bahasa inggris S2 UPI yang dari riau ngk mbk?
    kalau ada minta tolong minta e-Mail atau no HP nya mbak,
    mau konsultasi.
    tentang pembelajaran dan apa apa saja yang di persiapkan sewaktu kulyah.

    BalasHapus
  98. Assalamu'alaikum.
    Adakah yang mau masuk UPI tahun ini?
    Kebetulan sy juga mau daftar di program pasca sarjana prodi Bhs Inggris.
    Atau mungkin kk tingkat pada prodi yang sama. Mohon info kisi2 soal TPA nya jika ada...

    BalasHapus
  99. Asalamualaikum mb mau tanya, klo S2 d UPi apakah ada semacam matrikulasi untuk mahasiswa2 yg S1 ny ngambil jurusan ilmu murni (contohnya kimia murni, matematika murni) lalu S2 nya ngambil ilmu pendidikan (misal pendidikan kimia lanjutan)..?

    BalasHapus

PPG TAHAP 3 UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR

hallo semuanya, alhamdulillah akhirnya terpanggil juga untuk mengikuti PPG daljab ini. saya lulus pretest tahun 2018 dan baru terpanggil dit...