Selasa, 09 Desember 2014

LAPORAN PRAKTIKUM GENETIKA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP


Tanggal Praktikum      : 27 Februari 2012
Judul Praktikum         : Keanekaragaman Makhluk Hidup (Hewan, Tumbuhan,    Manusia)
Tujuan Praktikum       :  *     Mendeskripsikan hasil pengamatannya tentang berbagai          variasi pada hewan atau tumbuhan
*        Menyimpulkan dan mengkombinasikan hasil    pengamatannya
*        Mengamati variasi sifat pada manusia, khususnya sifat-sifat fisik (fenotip)
*        Membandingkan persamaan dan perbedaan sifat yang terbanyak dalam populasi kelas.

A.    Pendahuluan
Keanekaragaman adalah perbedaan diantara makhluk hidup yang berbeda jenis dan sifatnya. Keanekaragaman makhluk terjadi karena adanya perbedaan sifat, seperti ukuran, bentuk, warna, fungsi organ, tempat hidup dan lain-lain. Keanekaragaman makhluk hidup sangat penting bagi kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup. Suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki kelestarian tinggi, terdapat keanekaragaman yang tinggi. Sebaliknya makhluk hidup yang memiliki tingkat kelestarian rendah, terdapat keanekaragaman rendah dan terancam punah.
(http//zaifbio.wordpress.com./2010/02/11/keanekaragaman-mahkluk-hidup)
Keanekaragaman dikenal juga dengan istilah “variasi”. Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Sebaliknya, faktor luar relatif stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Lingkungan atau faktor eksternal seperti makanan, suhu, cahaya matahari, kelembaban, curah hujan dan faktor lainnya bersama-sama faktor menurun yang diwariskan dari kedua induknya sangat berpengaruh terhadap fenotip suatu individu. Dengan demikian fenotip suatu individu merupakan hasil interaksi antara genotip dengan lingkungannya. (Syamsuri.2002)
Secara garis besar, keanekaragaman hayati terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu :
1.      Keanekaragaman Gen, yaitu keanekaragaman yang disebabkan oleh persamaan dan perbedaan susunan basa nitrogen pada DNA setiap makhluk hidup. Ini menyebabkan terjadinya keanekaragaman makhluk hidup dalam satu spesies atau yang biasa kita sebut dengan variasi.
2.      Keanekaragaman Jenis, yaitu keanekaragaman yang disebabkan oleh persamaan dan perbedaan sifat atau ciri antar spesies makhluk hidup. Ini menyebabkan terjadinya keanekaragaman makhluk hidup antar spesies.
3.      Kanekaragaman Ekosistem, yaitu keanekaragaman yang disebabkan oleh persamaan dan perbedaan komponen abiotik dan biotik di setiap wilayah, sehingga menyebabkan perbedaan interaksi makhluk hidup yang berlanjut pada terjadinya perbedaan ekosistem.
Pada manusia, setiap sel somatik (semua sel selain sperma dan ovum) memiliki 46 kromosom. Pengujian dengan mikroskop cahaya ke-46 kromosom manusia memperlihatkan bahwa ada dua untuk setiap jenisnya. Hal  ini  terjadi  jelas  pada  saat  kromosom-kromosom tersebut disusun ber pasang-pasangan dimulai  dari  kromosom  terpanjang. Kromosom membentuk pasangan yang mempunyai panjang, posisi stromer, dan pola pewarnaan yang sama (kromosom homolog). Ada satu pengecualian penting terhadap aturan kromosom homolog ini untuk sel somatik manusia. Kedua kromosom yang unik ini disebut sebagai X dan Y. wanita memiliki sepasang kromosom homolog X (XX), tetapi pria memiliki sebuah kromosom X dan kromosom Y (XY). Karena keduanya menentukan jenis kelamin suatu individu, maka kromosom X dan Y dinamakan kromosom seks. Kromosom lainnya selain kromosom seksual dinamakan autosom. Terjadinya pasangan kromosom homolog dalam kariotipe adalah konsekuensi dari asas asal usul seksual kita. Kita mewarisi sebuah kromosom dari setiap pasangan kromosom dari masing-masing orang tua. Dengan demikian ke-46 kromosom dalam sel somatik sebenarnya adalah dua set yang amsing-masing tersiri dari 23 kromosom. (Campbell.2004)
Keanekaragaman yang terjadi secara alami adalah akibat adaptasi atau penyesuaian diri suatu individu dengan lingkungan. Faktor lingkungan juga turut mempengaruhi sifat yang tampak (fenotip) suatu individu disamping ditentukan oleh factor genetiknya (genotif).

DOWNLOAD FILE DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PPG TAHAP 3 UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR

hallo semuanya, alhamdulillah akhirnya terpanggil juga untuk mengikuti PPG daljab ini. saya lulus pretest tahun 2018 dan baru terpanggil dit...